Toplist 10 10 DLC / Expansion Pack Videogame Terbaik


Konten yang ditawarkan oleh sebuah game terkadang masihlah belum cukup untuk memuaskan gamer yang benar-benar terbawa oleh game yang dinikmatinya. DLC / Expansion Pack merupakan jawaban oleh para developer untuk menyampaikan gamer konten lebih yang diinginkannya, walaupun dlc / expansion pack sendiri merupakan salah satu opsi yang positif bagi para developer untuk menunjukkan konten ekstra tapi masih banyak dlc / expansion pack yang berakhir gagal dengan kualitas konten yang rendah dan mengecewakan. Hal ini tentu berujung pada kekecewaan gamer dan juga kerugian yang mereka alami hanya untuk membuat developer mendapat keuntungan lebih yang tidak sepantasnya mereka dapatkan.

Dibalik respon negatif pada hadirnya dlc / expansion pack pada sebuah game tentunya pasti banyak developer yang cukup serius untuk menggarapnya dan membuahkan hasil yang luar biasa sebagai komplemen konten yang layak dimata para gamer. Berikut ini Zeralist merangkum 10 dari dlc / expansion pack yang menurut kami berhasil menunjukkan konten dengan kualitas terbaik.

10. The Taken King – Destiny



Saat masa rilisnya pada 2014 lalu banyak gamer sempat menaruh impian lebih pada Destiny, namun hype yang berlebih memang tidak selalu berujung dengan baik. Destiny sendiri berakhir cukup mengecewakan dengan kualitas story yang sangat lemah dan juga leveling system yang kacau menjadi permasalahan utama dari game ini. Gamer juga pasti akan dihadapkan dengan kualitas gameplay yang standar dan sangat repetitif seiring berjalannya waktu permainan.

Tapi melihat permasalahan ini developer bungie tentu saja tidak tinggal diam, mereka memutuskan untuk membuat expansion pack yang cukup besar yang memuat banyak perubahan dari sisi kisah dan juga leveling system yang menjadi permasalahan serius sebelumnya. Lewat banyak fix dan pembaharuan dari 2 permasalahan serius sebelumnya The Taken King berhasil menjadi sebuah expansion pack yang berhasil menyelamatkan keberadaan Destiny dan minat gamer pada game yang satu ini.

9. Cold, Cold Heart – Batman : Arkham Origins



Jika kalian sempat melihat animated series dari Batman yang berjudul “Heart of Ice” maka expansion pack yang satu ini akan terasa cukup familiar dengan jalan ceritanya. Cold, Cold Heart sendiri menunjukkan gamer kisah dibalik sosok Mr. Freeze yang cukup tragis dan sangat menarik untuk diikuti. Desain musuh dan pertempuran yang harus kita hadapi dalam expansion yang satu ini benar-benar sangat seru dan menegangkan apalagi ketika kita mencapai boss terkahir yang merupakan Mr. Freeze sendiri.

Walaupun banyak yang sudah familiar dengan kisah dibalik Mr. Freeze, expansion pack yang satu ini masih menjadi rekomendasi kami lewat kontennya yang digarap dengan sangat baik dan dapat mepresentasikan “Heart of Ice”

8. Far Harbor – Fallout 4



Mungkin kita pernah berfikir apakah bisa kita pergi ke suatu kawasan lain selain Commonwealth dalam Fallout 4 ? pertanyaan ini memang terasa cukup konyol tapi juga bisa dimaklumi alasannya tema Fallout yang mengambil latar dimana dunia berada dalam kehancuran jawaban perang nuklir di masa lalu. Commonwealth menyimpan banyak kisah dan merupakan suatu tempat yang sangat seru dan menarik untuk dijlejahi, namun pastinya banyak kawasan lain diluar sana yang pastinya memiliki kisah dan keunikan tersendiri.

Lewat expansion pack besar berjulukan Far Harbor Bethesda menjawab keinginan terpendam dari para gamer, expansion pack ini menunjukkan area gres yang merupakan suatu pulau yang dinamai Far Harbor. Far Harbor sendiri merupakan tempat yang cukup luas dengan banyaknya keunikan didalamnya dan tentu saja sangat berbeda dari Commonwelath, 2 jempol untuk Bethesda alasannya konten yang ditawarkan Far Harbor sangat kaya apalagi kemunculan salah satu senjata terkuat yaitu Harpoon Gun yang akan sangat membantu perjalanan kita dalam menjelajahi dunia Far Harbor dan Commonwealth yang berbahaya dan menantang,

7. Shivering Isles – The Elder Scrolls IV : Oblivion



Lewat kesuksesan Morrowind sebagai salah satu rilis elder scrolls terbaik banyak gamer pastinya menaruh impian positif untuk seri selanjutnya. Namun sayang walaupun Oblivion sendiri bisa dikategorikan sebagai rilis yang cukup solid tapi Morrowind masih tetap berakhir sebagi seri terbaik pada masanya. Bethesda jadinya berusaha untuk meredam kekecewaan ini lewat rilis expansion pack untuk Oblivion Shivering Isles. Seperti halnya Fallout 4 lewat Far Harbor, Shivering Isles juga menunjukkan area gres yang berupa sebuah pulau yang dibagi menjadi 2 provinsi yaitu Mania dan Dementia.

Keunikan latar tempat menjadi kekuatan utama dari expansion pack ini, mulai dari desain flora & fauna yang unik hingga kawasan wasteland hingga belantara yang dipadu dengan sangat baik. Cerita yang ditawarkannya juga menarik untuk diikuti. 

6. The Answer – Persona 3 FES



Sejatinya Persona 3 FES tidak memiliki banyak perbedaan yang cukup signifikan dengan seri original dari Persona 3, satu-satunya perbedaan yang cukup signifikan yaitu munculnya konten komplemen yang berupa sebuah epilog dari ending Persona 3. Lewat The Answer pastinya gamer sudah sangat tidak tabah untuk segera merasakan epilog yang satu ini dan sekali lagi beraksi bersama anggota S.E.E.S, namun tebakan dan ekspektasi gamer benar-benar berbeda dari apa yang mereka dapatkan lewat epilog ini.

The Answer sendiri menunjukkan latar kisah sekitar hampir sebulan semenjak ending Persona 3 itu sendiri dimana gamer juga harus menelan pil pahit diawal permainan alasannya mendapati kalau abjad utama / MC yang kita mainkan dari 1 tahun sebelumnya ternyata meninggal setelah 1 hari semenjak hari kelulusan mereka. Fokus kisah dari The Answer sendiri yaitu upaya anggota S.E.E.S untuk menghentikan Abyss of Time dan juga mencari kebenaran dibalik maut MC kita. Banyak gamer menaruh kekecewaan berat pada epilog yang satu ini namun kisah yang dibawakannya tetap menarik untuk diikuti apalagi pengorbanan besar yang harus dilalui abjad yang kita mainkan sebelumnya akan menyampaikan kita respect dan pandangan lebih besar kepadanya.

5. The Following – Dying Light



Kemampuan Techland untuk meracik sebuah game survival zombie memang sudah tidak gila lagi lewat rilis beberapa seri Dead Island sebelumnya, walaupun tidak menerima banyak perhatian lewat seri Dead Island tapi berkat rilis game terbaru mereka di awal 2015 lewat Dying Light yang masih mengusung tema yang sama Techland berhasil menarik perhatian gamer. Dying Light berakhir menjadi rilis yang cukup sukses dengan konten yang  jauh lebih baik bila dibandingkan dengan seri-seri yang mereka tawarkan sebelumnya. Gameplay, story, latar, karakter, voice act hingga kualitas grafis yang memukau menjadi kekuatan utama dari Dying Light.

Lewat kesuksesan ini Techland memutuskan untuk merilis expansion pack untuk Dying Light lewat The Following. The Following mengambil latar kisah setelah Dying Light itu sendiri yang menceritakan upaya Kyle Crane untuk keluar dari Harran dan mencoba mencari para penduduk yang rumornya kebal terhadap disease dari para zombie.

The Following menunjukkan peta dunia yang lebih luas dari Harran walaupun banyak area terbuka yang terasa cukup kosong tapi perjalanan yang kita tempuh akan terasa lebih seru dan mudah dengan menggunakan kendaraan beroda empat buggy yang akan akan kita dapatkan diawal-awal permainan. Kualitas misi utama dan sampingan ditawarkan dengan cukup baik dan latar tempat yang luas sebagai arena permainan kita berakhir memuaskan. Namun sayangnya durasi dari kisah utama dan misi utama yang ditawarkan terasa cukup pendek dari apa yang diprediksikan, apalagi latar dunianya yang sangat luas tentu menyimpan potensi untuk menerima komplemen porsi kisah utama dan sampingan yang lebih.

4. Dragonborn – The Elder Scrolls V : Skyrim



Setelah rilis elder scrolls IV yang tidak mencapai target yang dibutuhkan untuk membuat para fans dari seri ini puas, Bethesda memutuskan untuk merilis seri kelimanya yang cukup menjanjikan. Kali ini elder scrolls V menjawab ekspektasi gamer lewat Skyrim yang menunjukkan kelebihan disegala sisi mulai dari story, gameplay, soundtrack hingga latar dunianya yang cantik dan massive.

Membuat dlc / expansion pack untuk seri ini merupakan suatu langkah yang sangat tepat untuk diambil Bethesda lewat expansion packnya Dragonborn. Dragonborn menunjukkan jalan cerita, musuh hingga lokasi gres yang merupakan sebuah pulau diluar skyrim berjulukan Solstheim. Solstheim sendiri menunjukkan keunikan yang sangat berbeda dibanding Skyrim, mulai dari flora, fauna hingga jenis musuh gres dan juga Dragonpriest lain yang bisa kita kalahkan untuk menerima topeng mereka yang tentunya menambah ekstra kekuatan resistance element yang tinggi. Dragonborn sendiri memuat konten yang sangat banyak dan dengan mudahnya gamer bisa mendapat hingga puluhan jam lebih waktu permainan.

3. Left Behind - The Last of Us



The Last of Us menceritakan perjalanan pria berjulukan Joel dan gadis kecil berjulukan Ellie didunia post apocalyptic yang dilanda oleh suatu bencana dan wabah dengan misi untuk bertahan hidup dan mencari suatu kehidupan baru, kekuatan kisah merupakan fokus utama dari game yang satu ini dan hasilnya berakhir dengan sangat cantik dan emosional. Mengambil kekuatan kisah ini Naughty dog jadinya merilis dlc Left Behind yang menceritakan perjalanan Ellie sebelumnya bersama temannya Riley, sekali lagi Naughty dog menyampaikan gamer kisah yang tidak kalah emosional di dlc yang satu ini.

2. The Brigmore Witches – Dishonored



Tidak diragukan lagi kalau Dishonored merupakan seri game pendatang gres yang membuktikan potensinya yang sangat menjanjikan, lewat rilis seri pertamanya yang menerima banyak penghargaan hingga game of the year terang merupakan hasil yang pantas untuk didapatkan game ini. Yang membuat Dishonored spesial yaitu gameplay unik yang ditawarkannya hingga kisah dan latar yang juga sangat berbeda dari kebanyakan game bergenre stealth sebelumnya. Mengeksplor dunia di Dishonored selalu menjdi sesuatu yang menarik, untungnya gamer masih diberi kesempatan untuk menyelaminya lewat rilis expansion pack The Brigmore Witches.

Di expansion pack ini kita tidak lagi berperan sebagai lord protector Corvo Attano melainkan musuh yang sebelumnya pernah kita hadapi yang merupakan bos dari Assassin berjulukan Daud. Di expansion pack yang satu ini kita akan diajak untuk menyelami lebih dalam apa yang ditawarkan oleh dunia dibalik Dishonored dengan pandangan gameplay yang juga berbeda lewat sosok abjad Daud.

1. Blood & Wine – The Witcher III



Dan yang menempati posisi teratas untuk dlc / expansion pack terbaik kali ini yaitu Blood & Wine dari The Witcher III. Tidak diragukan lagi tahun 2015 merupakan tahunnya CD Project RED, mereka berhasil menjawab hype dengan sebuah game yang merupakan suatu mahakarya digenre RPG. The Witcher III keluar sebagai salah satu game RPG terbaik yang pernah ada dan juga mendapat banyak predikat sebagai game of the year pada 2015 lalu.

Kerja keras sang developer memang membuahkan hasil yang bahkan berada diluar ekspektasi mereka, alasannya kesuksesan ini jadinya CD Project RED merilis 2 buah expansion pack Hearts of Stone dan Blood & Wine. Hearts of Stone sendiri menunjukkan kisah lain dibalik sosok master mirror dan olgierd von everec dimana Geralt harus berhadapan dengan kontrak balas kebijaksanaan dari Master Mirror yang pernah membantunya menemukan Yennefer. Sementara Blood & Wine menunjukkan konten yang jauh lebih kaya lagi dengan menambah area gres berjulukan Toussaint yang merupakan suatu wilayah yang tenang dan jauh dari peperangan, Geralt mendapat kontrak dari ratu Toussaint untuk memburu The Beast of Beaucliar yang sangat misterius.

Mungkin kalian yang tidak tahu akan bertanya-tanya lalu apa yang spesial dari expansion pack yang satu ini ? jawabannya yaitu semua mulai dari story, character, latar tempat, side quest dan juga segala sesuatunya akan membuat kalian jatuh hati pada expansion pack ini. Semua konten dibangun dengan niat dan keseriusan tinggi yang berhasil menghasilkan suatu konten dengan kualitas premium. Apalagi gamer juga tidak perlu merogoh kocek yang tinggi untuk 2 expansion pack ini alasannya harga yang ditawarkan benar-benar sangat murah dengan apa yang akan didapatkan.


DLC / Expansion pack memang terkadang mendapat sambutan yang cenderung negatif dimata gamer, kekhawatiran alasannya apa yang mereka harapkan dari konten yang didapat tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini tentunya normal alasannya banyak developer yang memanfaatkan sarana ini untuk mendapat keuntungan lebih sehingga mereka tidak menaruh keseriusan lebih untuk menggarapnya. Tapi dlc / expansion pack bisa juga menjadi sarana untuk membuat suatu seri game menjadi lebih tepat di mata gamer atau setidaknya juga memperbaiki suatu game yang tidak sesuai dengan ekspektasi mereka, 10 dlc / expansion pack diatas merupakan salah satu pola keseriusan developer untuk membaut karya mereka menjadi lebih baik lagi dan berkembang. Sekian top list dari 10 dlc / expansion pack terbaik versi kami, utarakan pendapat kalian mana expansion pack yang terbaik menurut kalian.


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Toplist 10 10 DLC / Expansion Pack Videogame Terbaik"

 
Copyright © 2017 Top 10 - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top